MAKHLUK GHAIB DAN MAKHLUK SKEPTIS


Masih ada orang skeptis yang tidak meyakini ghaib, contohnya aktivitas jin di rumahmu. Tapi Rabb dan para malaikatNya yang ghaib masih dipandang sebagai dzat yang diyakini ada oleh orang skeptis. Ini namanya skeptis pada hal ghaib yang setengah-setengah ~ masih percaya doa pula.
Uang raib secara misterius pernah menimpa istri saya, terakhir duit konveksi yang disimpan tiga hari di lemari berkunci berkurang tiga ratus ribu. Kalau saya bilang dikerjai jin jahil, orang skeptis yang masih percaya doa penolak bala mestinya terkekeh-kekeh ~ masih percaya doa pula.
Tuyul, kuntilanak, pocong, casper, keberadaannya dianggap pantulan perspektif dari kepercayaan mistik leluhur yang turun-temurun mengikuti warisan lokal dan arah adat istiadatnya. Lumrah saja jikalau setan pocong disangsikan nongol di jembatan California, sebab leluhur di sana tidak meyakini setan pocong sejak setan frankenstein terlanjur hidup di benak masyarakat hedon di sana.
Jin terbeli perspektifnya oleh kepercayaan adat di tempat anda tinggal. Misalnya masyarakat di tempat tinggalmu sejak purba percaya gundul pringis, maka jin jahil dengan tangkas merepresentasikan kepercayaan adat setempat sebagai sosok tersebut.
Jin itu tidak ada. Kata seorang kawan skeptis yang percaya doa-doa.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KATANYA ORANG PINTAR

Solo Menurut Kartunis

Gembira Menanam Pohon