Kenangan Nonton Film G 30 S/PKI

Dulu ini namanya TK Ade Irma Suryani lho? Sekarang diganti rupanya :-)

Nostalgia di depan sekolah masa kecil dulu, namanya diganti Kartika semua :-D


Sebelum saya TK, nonton bioskop pertama kali langsung film G 30 S/PKI. Adegan histeris putrinya Panjaitan raup darah bikin saya stres kalau mau tidur.

Waktu masuk TK apalagi. Sebagai murid baru, saya gampang mengingat nama sekolah sendiri, tapi bikin phobia. Kenapa phobia? Ya, itu...namanya TK Ade Irma Suryani. Itukan nama putrinya Nasution yang mati tertembak di film itu?! Nah,kan...jadi takut pipis di sekolahan. 

Paling asyik, waktu lulus TK! Sekian lama phobia dengan nama-nama korban di film G 30 S/PKI, akhirnya ganti suasana juga!

Tapi gagal gembira! Oleh orangtua, saya harus sekolah di SD Letjen S Parman! Lagi-lagi itu sebuah nama korban G 30 S/PKI yang masuk lubang buaya di film itukan?

Ya sudah, saya terima kenyataan untuk hidup dengan phobia di masa kecil. Gara-gara tontonan bioskop yang belum sesuai dengan tingkat usia dan pemahaman saya waktu itu.

Apesnya kalau hari Minggu pagi, kalau pas tiba-tiba mendiang papi suka ngajak hiking ke Lembah Tidar magelang, Minggu pagi jadi berubah seram! Ingat lubang buaya terus kalau lewat semak-semak yang gelap!

Malamnya? kadang masih deg2an juga! Tok,tok,tok! Taruna yang pesiar itu seperti cakrabirawa hendak nyekik orang pertama yang buka pintu! lalu ada teriakan, papiiiiii....!!!! Jadi kebayang teriakan histeris putrinya Panjaitan yang mencekam itu.

Gara-gara tontonan belum sesuai dengan tingkat usia dan pemahaman, saya phobia kalau lihat silet dan tukang cukur Madura! Itulah phobia masa kecil yang perlahan-lahan mulai sembuh.

Sembuhnya dengan tontonan tokusatsu di video ternyata! Kembali dengan tontonan yang sesuai usia  ternyata menguntungkan! Google V beraksi!!!

Sekarang saya adalah ayah dengan satu anak. Jika ingin mengajak anak serta ke bioskop, mempertimbangkan kadar film dengan psikologis dan usia anak adalah soal kearifan yang patut didahulukan sebelum buru-buru mengajaknya.

Tanpa pertimbangan itu, tontonan bisa merubah kondisi mental anak menjadi apapun!


Selamat beraktivitas!



Komentar

  1. Aku malah lebih serem, waktu kecil di sekolah ada film wajib. Lupa judulnya apa, pokoknya ada adegan penculikan, terus pemerannya dicauti kukunya satu-satu (sama Belanda?). Sampai sekarang masih sering nightmare :/ Btw, itu TK yang di Taman Lalu Lintas bukan, ya? Soalnya beberapa waktu yang lalu aku ke sana, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu tontonan wajib yang seram, ada adegan potong kuku pake tang juga ya :-D
      mungkin indi bisa nostalgia lagi nonton via youtube :-D
      blog indi luar biasa asyik, sepertinya penulis yang kreatif, selamat berkarya terus!

      Hapus
  2. kalo saya nonton AADC pas masih bocah SMP, jadi ga ngerti bagusnya film tentang cinta anak SMA itu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba sekarang nonton lagi, mungkin ada kemajuan sedikit karena usia yaumil sekarang sudah nggak SMP lagi :-D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KATANYA ORANG PINTAR

Solo Menurut Kartunis

Gembira Menanam Pohon