Pempek Asli Ini Jawara di Solo


Saya dulu anak Bom Baru 3 ilir Palembang tapi blasteran Jogja-Magelang, pulang pergi sekolah di antar Pak Karba’ yaitu amang becak langganan yang asli rantauan dari Sukabumi Jawa barat yang gantian shift dengan amang becak yang bahasanya medok, selidik punya selidik ternyata amang yang ini asli rantauan dari Pati Jawa tengah, namanya sederhana…“Paiman”. Pernah pas saya pulang, amang becak saya ini di stop preman. Mirip sinetron Indonesia kejar tayang yang kaya ide mengeksploitasi antagonisme. “Duit mang! Awas! Tujak gek kau!”. Wah, yang ngompas ternyata malah tetangga sendiri, menurut buku atlas…dunia itu luas, apalagi di pulau Sumatera, tapi dalam kasus ini…dunia kok jadi sesempit ini. Ketemu tetangga.


Masih banyak cerita masa kecil yang saya ingat di Palembang, yang paling lengket memorinya tentu rasa makanan tradisionalnya. Ada tekwan, model, kemplang, dan pempek. Nah, yang terakhir ini yang istimewa, ibu saya tidak pelit membocorkan bumbu dan cara membuatnya. Adonan pempek terdiri dari umak gendum atau biang, libatkan juga belida, jangan lupa bumbu untuk saus pedasnya yaitu cuka, gula merah, ebi, cabe rawit merah tua, asam, dan tongcai, rencananya Bunda Tari mau mengolah resep keramat ini. Tentu saya menunggu hasil jadinya saja sambil mikir imbalannya :-)


Apakah di Solo ada pempek asli? pempek follower banyak di Solo dan banyak fansnya, tidak perlu di kritik karena itu masalah selera. Eksis berpetualang di dunia kuliner Solo, lidah saya tertambat di sini “Pempek Ny. Kamto - asli 10 Ulu Palembang” Jl. Yosodipuro No. 100 Telp. 0271 – 727446 Solo. Di Paragon juga ada. Ini pempek memang asli Palembang banget. Sesekali teringat waktu kecil ketika bersantap ria…pulang sekolah dari SD Xaverius III langsung pesen pempek di kantin trus disantap sembari naik becak andalan. Lemak nian oi! 




Perhatikan strategi komunikasi tempat-tempat makan anda, selamat makan sambil cari inspirasi :-) 

Komentar

  1. imo, ada lagi yang menurutku enak. pempek dinasty depan hotel sahid, utara monumen pers. cmiiw :D

    BalasHapus
  2. wah iya, usaha prospektus itu om :-D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KATANYA ORANG PINTAR

Solo Menurut Kartunis

Gembira Menanam Pohon